Stnobeni's Blog

July 21, 2013

3 Tusuk Dasar untuk Perajut Pemula (Knitting)

Filed under: About Me — Tags: , , , — Stnobeni @ 10:12 am

Inget banget dulu pertama kali belajar knitting adalah waktu SD taun 1994.
Diajarin sama temen Mami dengan hanya berbekal sepasang jarum rajut plus segulung benang kinlon warna salem.
Waktu itu si temen Mami cuman ngajarin 3 macem tusuk, yang dengan 3 tusukan ini (sebenernya) bisa jadi sebuah syal.
Well… prakteknya sih syal itu ngga pernah jadi. Karena setiap kali panjang dikit, trus bongkar lagi. Panjang lagi, bongkar lagi, hehe.. Entah kenapa waktu itu suka banget bongkar-rajut-bongkar-rajut. Orientasinya sih masih belom ke menghasilkan karya, tapi lebih ke ngeluwesin tangan.

Sekali-kalinya belajar merajut ya cuma pas SD kelas 4 itu.
Sejak itu udah ga pernah lagi ketemu sama temen Mami.
Ilmupun hanya mentok di 3 tusuk itu sampe akunya gede.

Tapi ya, ternyata, hanya dengan diajarin 3 tusuk ini.. kesininya jadi punya bekal buat belajar otodidak. Baru mulai knitting lagi 14 tahun kemudian (2008), karena mau ngasi kado pacar, πŸ˜› . Sejak 2008 ini, belajar knitting murni cuma dari internet. Ga ada yang ngajarin.

Apa aja sih 3 tusuk dasarnya?
1. CO (Cast On/ tusuk permulaan)
2. K (Knit/ tusuk atas)
3. P (Purl/ tusuk bawah)

Kalo masih blank or masih baru sama sekali soal knitting, belajar aja 3 macem tusuk ini dulu di awal. Mulai dari ga bisa apa-apa.. bisa langsung jadi satu syal loo! hehe.. πŸ˜€

Hanya dengan 3 tusuk ini, bisa jadi bermacam-macam motif juga.
Tinggal mainin pola Knit & Purlnya.

Bisa semua baris Knit semua.
Bisa semua baris Purl semua.
Bisa selang seling baris pertama Knit, baris kedua Purl, berulang.
Bisa selang seling Knit-Purl dalam satu baris.
Macem-macem.. πŸ˜€

Mampir ke www.belajarcaramerajut.com buat belajar basicnya yaa! πŸ˜‰

knitting-pink

***

Advertisements

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: