Stnobeni's Blog

March 4, 2014

Cilok Isi Baso Sapi

Filed under: Resep — Tags: , , , , — Stnobeni @ 3:59 pm

Ini adalah kali ke-4 bikin cilok… dan akhirnya, SUKSES! ^^ Pertama kedua ketiganya, ngga bisa jadi bulet mulus (jadi kaya mekar lodrok keriting kebanyakan air gitu). Plus juga, ngga pake isian.

Kebanyakan resep cilok di Google make tepung tapioka & tepung terigunya perbandingan 50:50, dan itu gagal pas kucobain😀 Dan sama sekali ga geal-geol kaya cilok yang dijual di gerobak-gerobak, hehe..

Bikin yang kali ini ga mau banyak-banyak dulu karena masih eksperimen, aku pakenya perbandingan tapioka 100 gr & terigu 2 sdm. Kalo tepungnya cuma 2 sdm, pastinya tekstur geal-geolnya tapioka bisa kerasa. Selain itu juga yang kali ini ati-ati banget nuangin airnya ke tepung. Bener-bener sedikit-sedikit, ga bole langsung semuanya dituangin sekaligus.  Jadi, sampe tekstur adonannya keras-keras susah diaduk dan kesat gitu, udah.. setop, jangan tambah air lagi. Asal bisa dicubit, dibentuk, dan ngga nempel di tangan itu tandanya udah bisa dipake (kalo yang kmaren karena adonannya kecairan, jadi ngga bisa dicetakin pake tangan, aku nyetaknya pake dua sendok).

Bahan A (aduk jadi satu di wadah terpisah):

  • 100 gr tepung tapioka
  • 2 sdm tepung terigu
  • daun bawang (terserah mau seberapa, suka-suka, aku makenya 4 helai kecil-kecil atau satu batang besar)

Bahan B (campur dan rebus sampai mendidih):

  • air 100 ml
  • merica bubuk
  • bawang putih bubuk (yang ga bubuk juga gapapa, bawang uleg bisa)
  • garam

Bahan C (untuk isian Cilok): Baso sapi 5 butir dipotong kecil-kecil

Cara buat:

  1. Didihkan bahan B, trus tuang ke bahan A panas-panas. Jangan tuang sekaligus tapi tuang sedikit-sedikit, asal tepungnya udah nyampur sama air, walopun diaduknya masi keras gitu, asal adonannya udah bisa dibentuk dan pas dicubit ga nempel lagi di tangan, udah ga perlu ditambah lagi airnya.
  2. Ambil adonan secubit, teken-teken bulet gepeng, masukkan isian basonya. Tutup, gulung-gulung pake dua telapak tangan sampai kebentuk bulet mulus. Ulangi sampe adonan habis. Oiya, jangan lupa alasnya diberi tepung supaya buletan-buletannya ngga nempel di alas.
  3. Didihkan air, masukkan buletan-buletan tadi & masak sampe mengapung. Angkat, tiriskan. Oiya kalo aku nih, di air rebusannya dikasi garem & merica juga dan ngerebusnya pake api kecil, jadi bumbunya ngeresep.
  4. Makannya bisa dicampur pake bumbu sambel kacang + kecap, bisa juga dicocol sambel bangkok gitu aja. Suka-suka..😉

cilok-isi-baso-sapi
Bahagia bisa bikin cilok sukses mulus mengkilat kaya gini😀. Kalo liat yang dijual siap rebus di pasar itu suka penasaran gimana bikinnya bisa bulet mengkilat menarik gitu. Ternyata rahasianya ada di kontrol air. Selain itu juga kadang suka pengen cilok, tapi kalo mau beli di pinggiran ga tau bersih ato engga😦. Kalo udah bisa bikin kan kapan aja pengen tinggal meluncur ke dapur. Bikin sendiri aman, bersih, plus tambah pinter masak juga pastinya…. maklum ini masi belajar masak, hehe.😉

***

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: