Stnobeni's Blog

July 21, 2013

3 Tusuk Dasar untuk Perajut Pemula (Knitting)

Filed under: About Me — Tags: , , , — Stnobeni @ 10:12 am

Inget banget dulu pertama kali belajar knitting adalah waktu SD taun 1994.
Diajarin sama temen Mami dengan hanya berbekal sepasang jarum rajut plus segulung benang kinlon warna salem.
Waktu itu si temen Mami cuman ngajarin 3 macem tusuk, yang dengan 3 tusukan ini (sebenernya) bisa jadi sebuah syal.
Well… prakteknya sih syal itu ngga pernah jadi. Karena setiap kali panjang dikit, trus bongkar lagi. Panjang lagi, bongkar lagi, hehe.. Entah kenapa waktu itu suka banget bongkar-rajut-bongkar-rajut. Orientasinya sih masih belom ke menghasilkan karya, tapi lebih ke ngeluwesin tangan.

Sekali-kalinya belajar merajut ya cuma pas SD kelas 4 itu.
Sejak itu udah ga pernah lagi ketemu sama temen Mami.
Ilmupun hanya mentok di 3 tusuk itu sampe akunya gede.

Tapi ya, ternyata, hanya dengan diajarin 3 tusuk ini.. kesininya jadi punya bekal buat belajar otodidak. Baru mulai knitting lagi 14 tahun kemudian (2008), karena mau ngasi kado pacar,πŸ˜› . Sejak 2008 ini, belajar knitting murni cuma dari internet. Ga ada yang ngajarin.

Apa aja sih 3 tusuk dasarnya?
1. CO (Cast On/ tusuk permulaan)
2. K (Knit/ tusuk atas)
3. P (Purl/ tusuk bawah)

Kalo masih blank or masih baru sama sekali soal knitting, belajar aja 3 macem tusuk ini dulu di awal. Mulai dari ga bisa apa-apa.. bisa langsung jadi satu syal loo! hehe..πŸ˜€

Hanya dengan 3 tusuk ini, bisa jadi bermacam-macam motif juga.
Tinggal mainin pola Knit & Purlnya.

Bisa semua baris Knit semua.
Bisa semua baris Purl semua.
Bisa selang seling baris pertama Knit, baris kedua Purl, berulang.
Bisa selang seling Knit-Purl dalam satu baris.
Macem-macem..πŸ˜€

Mampir ke www.belajarcaramerajut.com buat belajar basicnya yaa!πŸ˜‰

knitting-pink

***

1 Comment »

  1. Masih kurang paham, bisa d sertain gambar ny mb, makasih

    Comment by Aini — December 25, 2015 @ 11:43 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: