Stnobeni's Blog

March 8, 2013

Cara Bikin Wedang Ronde

Filed under: Resep — Tags: , , , , — Stnobeni @ 6:01 pm

Kalo bisa beli, ngapain susah-susah bikin? Pasti ada yang mikir kaya gitu kan ya..๐Ÿ˜€ Ya kalo ceritanya pengen pinter masak kaya aku sih ya niatnya emang belajar ^^

Sebenernya sih ngga susah kok bikin Wedang Ronde. Cuman, emang agak banyak sih pernak perniknya. Perlu nyiapin kuah jahenya, bikin agar-agar or hunkuenya, nyiapin bahan-bahan lainnya, plus bikin indil-indil (or kata bulik ondol-ondol) or bulet-buletan rondenya itu.๐Ÿ˜€

Ni dia Resep Wedang Ronde:

Resep kuah jahenya:

  • Air +/- 1,5 liter (or kira-kira setengah panci diameter 17 cm)
  • Gula pasir 200 gr
  • Daun pandan 3 lembar
  • Serai 3 batang (memarkan)
  • Jahe 120 gr (bakar dan memarkan)
  • Garam sedikiiiitt aja (sepucuk sendok teh)

Cara buat kuah jahenya:

  1. Siapin air di panci
  2. Masukkan semua bahan kuah
  3. Nyalakan api kecil
  4. Aduk-aduk dan tunggu sampai wangi dan mendidih.

gambar 1. Gambar-Wedang-Jahe———————————————————————-
Sambil nunggu kuahnya mendidih, bisa siapin bahan-bahan lainnya:

  • Kacang tanah kupas (disangrai)
  • Roti tawar (dipotong kotak-kotak)
  • Agar-agar
  • Hunkue
  • Kolang-kaling

———————————————————————-
Bahan bulet-bulet rondenya:

  • Tepung ketan 100 gr
  • Garam sedikit
  • Air hangat +/- 87 ml

Bahan isi:

  • Kacang tanah sangrai
  • Gula merah

Cara buat:

  1. Taruh tepung ketan + garam di waskom
  2. Tuang air sedikit-sedikit sambil aduk rata, buat sampe adonannya kalis + mudah dibentuk
  3. Buat buletan-buletan kecil. Gepengin (seperti di gambar). Taruh kacang dan gula merah ditengahnya. gambar 2. Gambar-Cara-Buat-Ronde (isi kacang & gula merah)
  4. Tutup, rapiin buletannya. gambar 3. Gambar-Indil-Indil-Ronde (buletan-buletan ronde siap rebus)
  5. Didihkan air di panci kecil, masukkan buletan-buletan tadi. gambar 4. Gambar-Adonan-Ronde-Direbus (rebus buletan-buletan ronde)
  6. Setelah semuanya mengambang, berarti sudah matang. Angkat, tiriskan. gambar 5. Gambar-Makanan-dari-Tepung-Ketan (siap diangkat)
  7. Masukkan dalam wadah yang sudah diisi sedikit kuah jahe (supaya ngga pada nempel) gambar 6. Gambar-Wedang-Jahe-Ronde (simpan bulatan dalam kuah jahe)
  8. Siapin kacang, agar-agar, roti, buletan ronde di mangkok. Sirem kuah jahe…. Ronde jadi!๐Ÿ˜€ gambar 7. Gambar-Wedang-Ronde (Horee bisa bikin Wedang Ronde)

Gampang kok ternyata ^^ . Tapi emang rada makan waktu siih, tidak disarankan bagi yang lagi banyak kerjaan, hehe. Itu kuahnya jadi wedang jahe gitu aja juga enak.

Ribet-ribet gini, jadi tau caranya bikin wedang jahe yang anget menyehatkan. Ribet-ribet gini, jadi tau teksturnya tepung ketan yang kenyul-kenyul itu. Ribet-ribet gini, jadi tau kalo ondol-ondol udah ngambang tu tandanya udah mateng. Ribet-ribet gini, ilmu nambah.๐Ÿ˜‰

***

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: