Stnobeni's Blog

May 8, 2011

Paes Pengantin Jawa

Ini Vivi.

Cantik ya!😉
Vivi lagi dipaes (digambar dengan
pinsil hitam di bagian dahi). Walaupun uda
sering banget ngeliat pengantin Jawa dipaes, tapi tetep
aja amazing ngeliat ibu satu ini nge-paes Vivi.🙂
Ngedandanin pengantin jawa tu banyak
banget ritualnya.

Biasanya sebelum hari
ngedandanin, si periasnya
pake puasa dulu, supaya selama ngerias
hasilnya bisa bagus, lancar, n ngga ada gangguan
sama sekali. Biasanya mereka juga pake sesaji selama
ngerias, dan waktu selesai ngerias, si perias ngucapin
mantera-mantera ke calon pengantin perempuannya supaya si
pengantin benar2 keliatan cantik, supaya dapat restu
dari Tuhan juga, semua doa dikabulkan
dan acara lancar.

Eh denger-denger,
dipaes itu maksudnya adalah
sebagai tolak bala lho! Wow.. kok bisa?
Jadii, kalo semisal nih (amit-amit) si penganten
ini dijadikan sasaran tenung, paes ini bisa bikin wajah
si pengantinnya jadi ngga mudah dikenali (jadi tenungannya
bisa meleset gituh, hehe.. ga tau bener ga tau ga, tapi
kalo emang iya ya bisa aja c disambung-sambungin
kaya gitu.

Nah kalo yang satu ini
my beloved older sister ( :* ).. ngga mungkin
kelupaan motret pas dia lagi dipaes.

Kalo si embak ini
bakalnya didandanin ala Jogja Putri.
Kalo si Vivi tadi Jogja Jangan Menir. Nanti liat deh
bedanya Jogja Putri & Jogja Jangan Menir
di foto ‘After’-nya.😉

Vivi with her Jogja Jangan Menir
Mba Dydha with her Jogja Putri

***

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: