Stnobeni's Blog

April 23, 2011

Sayur Kembang Genjer

Sudah sering banget Mbah Putri masak
oseng kembang genjer buat lauk, tapi baru beberapa
hari yang lalu aq tertarik buat ngambil n nyobain rasanya.
Yumm…. ternyata enak!😀 Biasanya yang dimasak buat sayur tu daunnya,
tapi si embah lebih sering masak kembangnya.. ‘enak
klethus-klethus‘.. gitu katanya, hehe.

Tau kalo sekarang aq juga suka kembang genjer,
si embah jadi lumayan sering masaknya. ^^ Ini tadi abis masak lagi..
Udah yang ketiga kalinya sejak aq nyobain
yang pertama.. hehe.😀

Jadi kepengen posting saking seringnya, hehe..

~Resep Oseng Kembang Genjer~
Bahan:
1 ikat kembang genjer

Bumbu:
Bawang Merah 3 siung
Bawang Putih 3 siung
Cabe Keriting Merah 3
Cabe Ijo Keriting 2
Salam 2 lembar
Laos 1 potong
Terasi sedikit
Garam secukupnya
Gula pasir sedikit (buat penyedap aja)
Kecap secukupnya <– jadi Tumis judulnya kalo pake kecap ya.😀
(orang biasa pake tauco juga, bisa ditambahin kalo ada)
Minyak goreng 2 sdm (buat masak bumbunya)

Cara masak:
– Bawang merah, bawang putih, cabe dirajang. Dioseng bareng sama semua bumbu sampai wangi.
– Tambahkan air panas 1/2 gelas belimbing
– Masukkan kembang genjer, masak sebentar.
* Oiya kata mbah put, biar kembang genjernya
ngga terlalu lonyot, sebelum dimasak..
direndem dulu pake air panas,
trus pas gi dimasaknya juga
ga usa lama-lama.

About Genjer:
– Nama Latin : Limnocharis Flava
– Sejenis Enceng Gondok
– Tumbuhnya di sawah or rawa
– Nama Lain : Limnocharis, Sawah-Flower Rush, Sawah-Lettuce, Velvetleaf, Yellow Bur-Head, Cebolla de Chucho
– Kandungan : protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi
– Manfaat : melancarkan saluran cerna karena mengandung serat, meningkatkan nafsu makan
– Yang bisa dimasak : daunnya (pilih yang muda) & bunganya (pilih yang masih kuncup)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: